dunia kecilku

you’ll never walk alone

Nirvana Bandung Selatan

Lansekap salah satu sisi panorama alam begitu indah yang diciptakan Tuhan di pegunungan Bandung Selatan. Rawat baik-baik untuk masa depan Tatar Sunda, Jawa, dan bumi kita.

Sisi pemandangan kawah putih di puncak Gunung Patuha dari lereng barat yang habis terbakar hebat gara-gara api dari penziarah yang lalai

RASANYA belum banyak yang menuliskan kisah perjalanan di pedalaman perkebunan teh Bandung Selatan. Dan, ternyata menelusuri jalur tembus perkebunan teh Gambung ke Pangalengan betul-betul menakjubkan. Panorama alamnya luar biasa.
Tanah berkontur naik turun ditumbuhi pepohonan teh yang menghampar bak permadani hijau. Sepanjang mata memandang kesegaran kita rasakan. Suasananya sangat sunyi. Sekali dua muncul truk perkebunan, atau mobil-mobil pikap pengangkut barang dan pekerja perkebunan.
Jalan tembus Gambung-Pangalengan relatif mulus meski sempit. Di beberapa titik malah rawan longsor karena menyisir tebing perbukitan yang tanahnya mudah runtuh. Butuh konsentrasi pebalap reli biar aman perjalanannya.
Capek, mungkin saja. Tapi melihat panorama alam yang tersaji, mungkin saja rasa lelah itu akan terbayar lunas. Perkebunan teh Gambung bisa dicapai dari Bandung via Kopo trus ke Soreang, naik ke Ciwidey. Dari Ciwidey naik lagi ke Pasir Jambu –jalur menuju Rancabali dll.
Setelah SPBU Pasir Jambu (sebelum Polsek Pasir Jambu) belok kiri. Dari titik itu Gambung lebih kurang 9 kilometer lagi. Jalannya tidak terlalu lebar, tapi cukup buat dua kendaraan. Kalu berpapasan, salah satu mesti mengalah berhenti dulu.
Karena jalan kabupaten, maklum kalo permukaannya juga bolong-bolong kurang perawatan. Lintasan ini cukup menguras stamina karena konsentrasi tinggi dan kendaraan menanjak dengan belokan-belokan yang penuh lubang.
Sebelum masuk Gambung –sebetulnya ini sudah di areal Gambung– ada komplek vila. namanya Villa Argapuri. Cukup luas, bangunannya besar-besar dan megah. Letaknya di kiri jalan menuju Gambung dengan bentuk permukiman berbukit-bukit.
Tempat ini rasanya cocok buat yang honey moon, atau penulis yang mau mengasingkan diri dari hiruk pikuk. Buat keluarga yang mau lepas dari rutinitas kota pun sangat cocok. Lepas dari Vila Argapuri, masuk ke lingkungan perkebunan teh Gambung. Hamparan pohon teh pun segera mencuri mata.
Nah, pemandangan alam sangat eksotis bisa kita lihat jika kita memasuki Gambung trus lanjut perjalanan ke Pangalengan. Panjang lintasan jalan tembus ini sekitar 15 kilometer. Keluarnya nanti di kawasan perkebunan Pasir Malang, Pangalengan. Atau muncul di pertigaan yang kerap disebut Dangdan……….Pokoknya Mak Nyus lahhh……!

November 10, 2007 - Posted by | Uncategorized

1 Komentar »

  1. WiiiisH Tempat yaNg paLIng q suka di bandUNg tapi AMPe sekarang Lom kesampeAn……aJak q dUNk^-^

    Komentar oleh nURUL ISlAh | Mei 8, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: