dunia kecilku

you’ll never walk alone

Lima Kota Lima Negara

TEMPAT wisata utama di Sana’a Yaman adalah kawasan Old City (kota lama). Letaknya di pusat kota Sana’a yang sepanjang musim berdebu. Ini permukiman kuno yang membawa kisah-kisah historis spektakuler zaman Islam.
Bagian menonjol dari Old City Sana’a adalah Bab Al Yemen, atau Gerbang Yaman yang berusia kurang lebih 1.000 tahun. Di seputaran gerbang ini sampai sekarang masih dipakai sebagai pasar kaget tiap pagi.
Suasana sangat meriah. Barang yang diperdagangkan antara lain tekstil, karpet, aneka sandang, susu, daging, makanan, dan tembakau. Komoditi lain yang khas adalah garam, dan sampai ada istilah Salt Market (Suq al-Milh).
Permukiman yang sampai sekarang masih bertahan ini umurnya lebih kurang 2.500 tahun. PBB pada 1984 telah menetapkan Old City Sana’a sebagai salah satu World Heritage City (Kota Warisan Dunia).
Arsitektur bangunannya sangat khas, serba kotak dengan sudutsudut atap lancip. Warna umumnya cokelat, kelabu, putih dengan ketinggian bangunan umumnya 6-9 meter. Komplek kuno ini terdiri dari 100 mesjid, 12 pemandian, dan 6.500 rumah.
Mesjid Al Jamiah l-Kabir, salah satu mesjid tertua di dunia yang dibangun abad 7 masih berdiri kokoh di tengah-tengah kawasan Old City.
Selain Old City, ada objek wisata lain yang lumayan menarik. Yaitu rumah Imam Yahya, bekas penguasa Sana’a yang bertengger menjulang di sebuah bukit batu. Letaknya sedikit di luar kota Sana’a.
Ibukota Yaman ini berada di ketinggian 2.220 mdpl, dikelilingi pegunungan Jabal Nuqum dan Aiban. Suhu ekstrem terendah -3 derajat Celcius, tertinggi 34 derajat Celsius. Sana’a merupakan kota tua peninggalan dinasti Sabean yang eksis pada abad 6 sebelum Masehi.
Situs sejarah yang pantas dikunjungi di Yaman tentu saja Wadi Hadhramaut. Letaknya sekitar 300 km dari Sana’a. Hadhramaut terkenal karena menjadi salah satu pusat Islam, yang generasinya menyebar ke berbagai belahan dunia.
Penduduk Hadhramaut disebut Hadhramis. Keturunannya menyebar hingga Hyderabad, Bhatkal, Jawa, Sumatra, Malaka, dan Singapura. Mantan PM Timor Leste Mari Alkatiri termasuk berdarah Hadhramis.
Ketika pecah revolusi pada tahun 60an, Hadhramaut termasuk wilayah Republik Demokratik Rakyat Yaman yang beraliran komunis. Salah satu yang khas di Hadhramaut adalah topi hitam panjang yang dipakai kaum perempuannya.

BURG PLATZ BRAUNSCHWEIG, JERMAN

DI Kota Braunschweig Jerman ada banyak tempat eksotik yang layak dikunjungi. Ini termasuk salah satu kota kuno di Jerman, yang cikal bakalnya ada sejak abad 8, atau tahun 800an Masehi.
Butuh waktu lebih dari sehari untuk bisa menjelajahi penjuru kota yang serba menyenangkan ini. Namun dari segi historis, ada tiga situs penting yang patut dinikmati. Altstadtmarkt, Burg Platz dan Hagenmarkt.
Titik terpenting kota ada di Burg Platz atau Castle Square. Ada plaza luas berbatu yang di tengahnya menjulang patung singa, simbol kota dan perlambang pendiri kota yang dijuluki Duke Henri the Lion.
Kemudian ada kastil kuno, katedral. dan deretan gedung-gedung berdinding separuh batu dan papan yang dicat dengan warnawarna kontras. Semuanya didirikan hampir bersamaan pada abad 12.
Ada gereja St Blasius, yang dipakai kaum Kristen Protestan Lutheran. Di sini juga ditempatkan jasad Henri the Lion yang meninggal ada 1195, serta istrinya Matilde. Objek lain bangunan City Hall atau balai kota yang arsitekturnya indah.
Pusat pemerintahan Braunschweig ini dibangun antara 1893 hingga 1900 dengan arsitektur bergaya Neo-Gothic. Kemudian Kastil Dankwarderode, kediaman resmi Henri the Lion yang dibangun pada 1175.
Masih di Burg Platz ada The Vieweg Publishing House, atau State Museum of Braunschweig (Braunschweigisches Landesmuseum). Museum ini memiliki koleksi lengkap sejarah semua bangunan di permukiman kuno ini.
Sementara Hagenmarkt dulunya pasar sekaligus gerbang menuju pusat kota Braunschweig. Kini sebagian besar jadi permukiman dan pertokoan modern. Dua situs besar yang dengan mudah bisa dilihat adalah gereja St Katharina dan patung Henri the Lion.
Tempat-tempat lain yang juga tak pantas dilewatkan adalah kawasan Schloss, pertokoan modern yang centrumnya adalah bekas Istana Ducal, yang dulu hancur lebur, sekarang disulap megah jadi Schloss Arkaden.
Ada lagi Richmond Palace, kastil bergaya barok milik bangsawan Inggris yang memiliki taman sangat luas dan indah. Di Altstadtmarkt juga banyak bangunan kuno abad pertengahan yang masih segar bugar sampai sekarang ini.
Taman di Universitas Teknik Braunschweig juga sangat menarik. Ada pula museum fotografi, gedung opera, deretan kafe dan restoran di tepi Sungai Oker, tak jauh dari Richmond Palace.

MONUMEN ATOM BRUSSELS, BELGIA
eksyen di brussels
MONUMEN atom dibangun pada 1958 menjelang Brussels World’s Fair (Expo 1958). Tinggi bangunan 103 meter, menggambarkan susunan molekul atom terbuat dari aluminium. Ada sembilan molekul atom
Antar bola-bola aluminium berdiameter 18 meter itu dihubungkan dengan tabung yang di dalamnya terdapat eskalator. Dari jendela di bola tertinggi, panorama Brussels terlihat cukup indah.
Monumen atom ini merupakan salah satu tujuan utama wisatawan di ibukota Belgia. Arsiteknya André Waterkeyn, yang penggarapannya dikebut hanya dalam waktu enam bulan saja.
Lokasinya di samping King Baudouin Stadium di Heysel Park. Tak jauh dari komplek ini terdapat taman mininya Eropa, serta taman milik keluarga kerajaan. Monumen yang dijuluki Eiffelnya Belgia ini jadi rival kuat Manneken Pis.
Manneken Pis ini patung bocah lagi pipis yang sangat legendaris. Pada Maret 2004, monumen atom direnovasi. Bola atom yang semula berbahan aluminium dicopot, kemudian diganti dengan bola berbahan lembaran baja tahan karat.
Aluminium yang dicopot dijual kepada masyarakat sebagai suvenir. Uang yang terkumpul dari hasil penjualan alumnium dipakai untuk menambah dana renovasi monumen atom itu.
Selama renovasi monumen ditutup dari umum. Setelah kelar semua, dibuka kembali pada 18 Februari 2006. Fasilitas tambahan yang dibangun antara lain restroran, hotel, dan ruang pamer.
Objek menarik yang tak boleh dilewatkan tentu saja situs Manneken Pis. Asal muasal patung bocah nakal ini dari sejumlah legenda yang hidup di tengah-tengah masyarakat kuno Belgia.
Tak heran patung ini selain di Brussels juga ada di kota Geraardsbergen, Hasselt dan sebuah desa di utara Prancis, Broxeele. Sampai patung Manneken Pis di Brussels atau Geraardsbergen masih jadi perdebatan terkait umurnya.
Dari sekian legenda itu, yang paling populer tentang kisah Juliaanske. Pada abad 14, Brussels dikepung pasukan asing. Penyerang berencana meledakkan tembok kota. Seorang bocah bernama Juliaanske melihat-lihat aktivitas penyerang.
Suatu saat, bocah itu pipis dan tepat di pemantik, melumpuhkan alat itu dan Juliaanske sukses menyelamatkan Brussels. Sejak itu Juliaanske dipatungkan dengan gambaran bocah lucu sedang telanjang pipis.

MADURODAM DENHAAG, BELANDA
madurodam denhaag
TAMAN yang merefleksikan keragaman Belanda ini terletak di Scheveningen, Denhaag. Semua miniatur dirancang detail dengan skala 1:25. Yang ditampilkan adalah bangunan dan simbol-simbol di berbagai kota di negeri tulip ini.
Proyek miniatur ini dimulai sejak 1952, dan sejak diresmikan hingga saat ini sudah dikunjungi hampir 10 juta orang. Madurodam diambil dari nama George Maduro, seorang mahasiswa dari Curacao.
Maduro ketika zaman pendudukan Nazi di Belanda ikut angkat senjata bergabung dengan kelompok milisi. Tapi Maduro kemudian tertangkap, dikirim dan mati di kamp konsentrasi Dachau.
Orang tua Maduro lalu mendonasikan kekayaannya untuk proyek Madurodam. Pada 2 Juli 1952, Putri Beatrix (sebelum jadi ratu) dipilih sebagai walikota pertama kota mini Madurodam.
Setelah ditahbiskan sebagai Ratu Beatrix, penguasa tertinggi Kerajaan Belanda, dia meletakkan jabatan itu. Sekarang ini walikota Madurodam dipilih oleh dewan muda yang terdiri atas 25 wakil dari semua provinsi di Belanda.
Dari semua objek wisata di Belanda, Madurodam di Denhaag jadi salah satu pilihan menarik. Cocok untuk wisatawan yang punya waktu pendek di Belanda. Sebab, di Madurodam objek-objek turis menarik di Belanda ditampilkan.
Ada jembatan Erasmus yang unik di Rotterdam, kampung tradisional nelayan di Volendam. Kemudian bangunan museum Rijk yang punya koleksi sangat lengkap di Amsterdam berikut ilustrasi kanal-kanalnya.
Selain miniatur bangunan-bangunan kuno seantero Belanda, yang modern pun ditampilkan. Ada miniatur Bandara Internasional Schipol Amsterdam, gedung kantor pusat perusahaan asuransi Nationale-Nederlanden di Rotterdam.
Ada pula Museum Groningen, dunia air di Wassenaar, fasilitas dermaga dan speed boat Abel Tasman di Rotterdam, jembatan kereta api yang bisa diangkat di Dordrecht yang melintasi Sungai Maas.
Stadion Amsterdam Arena, markas klub Ajax Amsterdam mewakili fasilitas olahraga di taman super mini ini. Selain miniatur, Madurodam juga dilengkapi restoran dan toko suvenir. Menu paling gres, di musim panas Madurodam buka sampai malam.
Ada atraksi cahaya di seputaran taman. Madurodam dirancang oleh arsitek perkotaan bernama Siebe Jan Bouma. Tiket masuk rata-rata 9 euro (dewasa) dan 6 euro untuk anak-anak. Kurs sekarang, 1 euro = Rp 12.200.

TOUR DU EIFFEL PARIS, PRANCIS
didut, anakku ikutan mejeng di trocadero
TENTU saja menara Eiffel atau Tour du Eiffel dalam bahasa Prancis jadi objek utama wisata di Paris. Namun demikian, sebetulnya ada bejibun objek turisme di Paris dan sekitarnya yang layak disambangi.
Eiffel saat ini jadi penjuru Paris, dan terbukti tiap tahun dikunjungi tak kurang 6 juta wisatawan dari berbagai benua. Untuk menikmati Paris, bisa dimulai dari objek di seputaran Eiffel.
Pertama bisa mulai dari taman luas Champ de Maar yang jadi latar muka Ecole Royal Militaire, atau akademi militer Prancis yang sangat legendaris. Di seberang Eiffel, setelah melewati Sungai Seine ada Palais de Chaillot Trocadero.
Ini bangunan besar museum yang salah satu koleksinya adalah kapal pembawa jenazah Napoleon Bonaparte dari tempat pembuangannya di Pulau St Helena. Tak jauh dari Trocadero, ada bangunan besar yang dinamai Les Invalides.
Di kompleks luas ini terdapat dome (kubah) dari gereja St Louis. Tepat di bawah kubah, di lantai bawah tanah, dikuburkan jasad Napoleon Bonaparte. Les Invalides ini istana yang dijadikan kuburan para pahlawan.
Ada ratusan tokoh Prancis dimakamkan di sini. Selain itu Hotel des Invalides (hotel dalam versi Prancis bermakna bangunan besar dengan banyak kamar) juga dijadikan rumah sakit bekas tentara yang cacat.
Objek menarik lain Place du Concorde, yang terletak di persimpangan Champs de Elysees ke arah Museum Louvre. Di tengah-tengah persimpangan terdapat obelisk, tugu kuno dari Mesir.
Obeliks ini dihadiahkan pemerintah Mesir pada 1829 kepada Louis Philipe (Charles X). Buuh waktu empat tahun membawa obeliks ini dari Mesir ke Paris. Di setiap sisi obeliks terdapat tulisan hieroglif yang menggambarkan kebajikan Ramses II sebagai pharaoh Mesir.
Dari tugu obelisk ini jika memandang ke arah kejauhan Champs des Elysees akan terlihat berwibawa Arc de Triomphe, gerbang kemenangan yang dibangun Napoleon Bonaparte. Di belakang obelisk, berdiri kukuh Museum Louvre, yang dulunya pernah jadi istana Napoleon.
Jika kesempatan panjang, museum ini tidak bleh dilewatkan. Ini museum yang memiliki koleksi terlengkap di dunia. Koleksi paling terkenal adalah lukisan Monalisa karya si jenius antik Leonardo da Vinci.
Selain situs sejarah, Galleries Lafayette, pusat belanja mewah di dekat gedung opera Garnier bisa jadi alternatif melepas lelah. Gerai-gerai fesyen, perhiasan, kecantikan di dunia ada semua di sini.
Jika ingin melihat langsung markas besarnya, seperti Louis Vuitton, lokasinya ada di sisi Avenue Montaigne, tak begitu jauh dari Arc de Triomphe. Berjejeran di situ ada kantor pusat Givenchy, Chanel, dan Cristian Dior.
Sementara di Faubourg Saint-Honoré, saling bersisian berdiri gedung-gedung markas besar produk fesyen kelas tinggi seperti Hermès dan Christian Lacroix.

Agustus 1, 2007 - Posted by | journey

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: